6 Cara Screenshot Samsung M51 yang Mudah Tanpa Aplikasi

Untuk memudahkan pengguna Hp Galaxy M51 melakukan screenshot, saat ini Samsung menyiapkan fitur membuat screenshot yang panjang. Pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur bawaan tersebut melalui panduan di sini.

Samsung Galaxy M51 memiliki desain mengagumkan karena layar dengan dimensi 6.7 inci tersebut punya rasio 20:9 dan resolusi FHD+ 1080 x 2400 pixels. Kerapatan layar dengan bezel sangat tipis mampu memberikan pengalaman multimedia paling imersif kepada pengguna.

Di samping itu, ponsel ini juga ideal dipakai bermain game sebab ditenagai Helio P35 MT6765 yang kencang dengan frekuensi tinggi mencapai 2.3 GHz. Kemampuannya tidak perlu diragukan lagi dalam menjalankan berbagai aktivitas.

Dalam hal daya tahan, ponsel telah dilengkapi baterai 4000 mAh yang sudah mendukung kemampuan mengisi daya dengan cepat. Menariknya lagi, kamera utama telah dibekali berbagai fitur untuk menyenangkan penggunanya.

Sebagian besar pemilik Galaxy M51 biasanya mengambil gambar layar dengan menggunakan tombol. Banyak juga masih awam menggunakan fitur Gestur atau screenshot memanjang pada Samsung M51.

Cara Mengambil Screenshot Samsung Galaxy M51

Cara Screenshot Samsung M51
Fitur screenshot akan sangat berguna untuk diketahui, terutama ketika ingin mengirim bukti atau menyimpan konten yang muncul di layar dalam bentuk gambar dan membagikannya di platform media sosial.

Samsung M51 menawarkan berbagai fitur dan metode yang memudahkan untuk mengambil tangkapan layar, seperti kombinasi tombol fisik, gerakan telapak tangan, pintasan gambar layar, dan Edge Panel.

Nah bagi yang penasaran ingin tahu bagaimana cara menggunakan kelima metode tersebut, maka kamu bisa melihat tutorialnya sebagai berikut.

Menggunakan Kombinasi Tombol

Untuk kamu yang sedang mencari metode tercepat, tangkapan layar dengan tombol bisa di coba. Simak langkah-langkah detail cara screenshot Samsung M51 lewat kombinasi tombol disini.

Pertama tentukan halaman atau aplikasi yang akan kamu screenshot. Kemudian secara bersama-sama pencet dua tombol Power dan Volume Bawah. Lalu secepatnya lepaskan jangan sampai tertahan.

Jika berhasil, jendela preview screenshot akan muncul beberapa saat di bawah layar. Kamu dapat mengetuknya untuk membuka gambar secara langsung kemudian menggunakan beberapa menu seperti Edit, Share, dan Delete.

Pintasan Gambar Layar

Melalui fitur ini pengguna akan lebih mudah mengakses sejumlah aplikasi di Hp Samsung M51. Cukup klik bulatan kecil di bagian pinggir layar, akan langsung muncul panel yang berisi shortcut aplikasi dan screenshot.

  1. Pergi ke menu Pengaturan.
  2. Tap menu Aksesibilitas.
  3. Ketuk opsi Interaksi dan Kecekatan.
  4. Tap tombol Menu Asisten untuk mengaktifkannya.
  5. Fitur asisten ini akan muncul di layar dan kamu dapat memindahkannya.
  6. Buka halaman layar yang akan di screenshot.
  7. Setelah itu, kamu buka Assistant Menu dan pilih pintasan Gambar Layar untuk membuat screenshot.

Gestur Telapak Tangan

Pada smartphone Samsung keluaran terbaru, biasanya fitur screenshot ini sudah langsung aktif sejak perangkat pertama kali digunakan. Bisa dibilang metode yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan dan tanpa tombol fisik.

Namun, perlu di cek dulu apakah fitur gestur atau Palm Swipe ini telah aktif. Berikut adalah cara screenshot di HP Samsung M51 dengan gesture tangan.

  1. Masuk ke menu Pengaturan Samsung M51 milikmu.
  2. Pilih opsi Fitur Lanjutan.
  3. Ketuk Gerakan dan Gestur.
  4. Aktifkan sakelar di sebelah kanan menu Usapkan telapak tangan untuk mengambil.
  5. Lalu sapu layar dari kiri ke kanan dengan posisi tangan menghadap ke samping.
  6. Tunggu hingga terdengar suara shutter berbunyi dan layar berkedip tanda sudah berhasil membuat screenshot.
  7. Gambar tangkapan layar bisa langsung kamu temukan melalui aplikasi Gallery.

Menggunakan Edge Panel

Sementara untuk mengambil screenshot dengan fitur lebih canggih, kamu bisa memanfaatkan fitur Edge Panel yang terdapat di dalam Samsung M51.

  1. Buka layar ponsel kamu lalu ketuk menu Settings.
  2. Selanjutnya tap menu Displays lalu aktifkan Panel Edge.
  3. Jika sudah akan muncul garis kecil di sisi layar.
  4. Anda tarik garis tersebut ke arah tengah lalu tap ikon gerigi.
  5. Berikutnya centang agar Smart Select aktif.
  6. Kemudian tekan tombol Back untuk menutup Panel Edge
  7. Sekarang ambil screenshot dengan cara tarik Panel Edge lalu menu Smart select.
  8. Pilih Rectangle kemudian tentukan area yang akan di-screenshot dengan menarik sisi-sisi bingkai.
  9. Jika sudah tap tombol Done.

Cara Screenshot Panjang Samsung M51

Screenshot panjang akan sangat membantu apabila kamu berniat mengambil semua informasi itu dalam satu gambar yang utuh. Karena seringkali halaman website lebih panjang dari layar Hp, sehingga kita harus digulir sampai ke bawah.

Bagaimana cara mengambil screenshot panjang pada Samsung M51? Seperti ini cara mudahnya.

  1. Pergi ke Settings [Pengaturan].
  2. Pilih Advanced Features [Fitur Lanjutan].
  3. Tap Screenshot [Gambar Layar].
  4. Kemudian aktifkan fitur Screenshot Toolbar / Bilah Alat Gambar.
  5. Apabila telah aktif, kamu bisa membuat cuplikan layar dengan gesture atau tombol fisik.
  6. Silahkan kamu tap pada tanda panah ke bawah yang terdapat di toolbar.

Setelah itu, kamu pun bisa mengecek maupun mengedit hasil screenshot melalui aplikasi Albums jika pratinjau sudah tertutup atau menggunakan aplikasi pengedit foto lain dari pihak ketiga.

Penutup

Itu dia cara screenshot di hp Samsung Galaxy M51 tanpa ribet menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak kita inginkan. Kamu tinggal memilih mana yang paling mudah dan cepat.

Demikianlah tutorial kali ini, jika ingin mendapatkan berbagai panduan keren lainnya seperti cara screenshot Samsung M30 yang sudah HPRINO posting beberapa waktu lalu.

Leave a Comment