Cara Reset Samsung S7 Edge Ke Pengaturan Pabrik

Reset adalah proses mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrikan. Jika belum mengerti caranya, coba ikuti cara reset Samsung S7 Edge di bawah ini.

Ponsel Galaxy S7 Edge dihadirkan dengan dukungan dapur pacu bertenaga dari Samsung dengan chipset Exynos 8 Octa 8890 2.3. Kinerjanya akan semakin terdongkrak dengan adanya kapasitas RAM sebesar 4GB. Sedangkan prosesor, Samsung menyematkan Octa-Core 2.3GHz Quad (Custom Core) + 1.6GHz Quad (Cortex A53) dan untuk GPU dibekali oleh ARM Mali-T880 Mp12 untuk menghandle pengolah grafis.

Ketika ponsel sudah lama digunakan, pengguna sering menemukan beberapa masalah pada ponsel. Mulai dari kapasitas memori sistem yang penuh, hingga berbagai masalah teknis seperti hang dan aplikasi yang tidak bisa berjalan secara tiba-tiba.

Selain itu, reset juga bisa dilakukan saat ponsel akan dijual kembali atau diberikan kepada pengguna lain.

Metode Reset Samsung Galaxy S7 Edge

Reset pabrik adalah proses mengembalikan ponsel ke pengaturan atau kondisi pabriknya saat ponsel pertama kali dikeluarkan dari kotaknya. Meskipun prosesnya mudah, namun masih banyak pengguna yang masih kelabakan jika masalah tersebut terjadi.

Dengan melakukan reset, semua data yang tersimpan di ponsel termasuk akun, musik, gambar, aplikasi, lagu, dan berbagai file lainnya akan dihapus. Oleh sebab itu, sebaiknya amankan dulu file dan data pribadi kalian ke memori eksternal atau ke Samsung cloud.

Setidaknya ada 3 metode cara reset Hp Samsung S7 Edge, pertama melalui pengaturan, lalu lewat recovery mode dan jika lupa pola dapat melakukannya di situs web Samsung Find My Mobile

Factory Reset Melalui Pengaturan

Factory Reset Samsung S7 Edge
Jika Hp kamu mengalami kendala sering hang, sering blank, tiba-tiba mati hidup atau masalah ringan lainya, kamu dapat melakukan factory reset Samsung Galaxy S7 Edge melalui pengaturan.

  1. Buka menu Pengaturan yang ada di Samsung Galaxy S7 Edge kamu.
  2. Selanjutnya klik menu Manajemen umum.
  3. Step selanjutnya pilih Reset.
  4. Kemudian pilih Reset Data Pabrik.
  5. Setelah itu klik tombol Reset yang ada dibagian bawah.
  6. Kemudian tap pilih Hapus semua.
  7. Setelah itu Samsung kamu akan restart dan memulai proses kembali ke pengaturan pabrik.

Bisa dibilang untuk melakukan factory reset di Hp Samsung tergolong mudah, namun kamu harus ingat dengan akun Google yang di daftarkan atau sebaiknya hapus terlebih dahulu akunnya untuk memastikan kamu tidak lupa.

Hard Reset Melalui Recovery

Hard Reset Samsung S7 Edge
Apabila ponsel kamu terkunci PIN, pola, sandi atau mengalami bootloop, coba memperbaikinya dengan metode hard reset ini. Untuk cara hard reset Samsung S7 Edge dapat melakukannya melalui recovery mode.

  1. Matikan ponsel kamu terlebih dulu.
  2. Tekan tombol Volume Atas, Home dan Power beberapa detik.
  3. Setelah muncul logo Samsung, lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Pilih menu Factory reset / wipe data dengan menggunakan tombol Power.
  5. Pilih Yes untuk memulai proses reset.
  6. Sekarang tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai.
  7. Terakhir pilih menu Reboot System Now.

Hard reset adalah salah satu cara paling efektif untuk mengembalikan smartphone ke kondisi normal jika terjadi masalah serius. Namun perlu diperhatikan bahwa hard reset ini akan menghapus semua data yang ada di smartphone sehingga perlu melakukan backup data terlebih dahulu.

Reset Galaxy S7 Edge Lupa Pola

Cara Reset Samsung S7 Edge Lupa Pola
Dari sekian banyak masalah yang ada, permasalahan lupa kata sandi, pola, atau PIN adalah permasalahan yang tergolong cukup mudah untuk diatasi, yang mana kamu sebenarnya hanya perlu melakukan reset lewat layanan Find My Mobile.

  1. Buka halaman https://findmymobile.samsung.com lewat browser PC atau HP yang lain.
  2. Kemudian login dengan akun Samsung yang terdaftar.
  3. Pilih Erase Data.
  4. Klik tombol Erase.
  5. Masukan kembali password akun Samsung.
  6. Konfirmasi dengan memilih OK.

Cara reset ini memang tidak akan menghapus data tapi pastikan fitur Find My Mobile dan Remote Unlock sudah di aktifkan.

Akhir Kata

Kalau masalah di ponsel Samsung Galaxy S7 Edge kamu karena kerusakan hardware atau komponen maka harus diperbaiki ke tukang servis atau ke service center Samsung.

Sekian cara reset HP Samsung S7 Edge yang baik dan benar guna mengatasi layar terkunci ataupun bootloop. Ada juga beberapa tips lain seperti cara cek imei asli atau palsu yang pernah dibahas di sini.

Tinggalkan komentar