Menu Close

2 Cara Kunci Jaringan 4G Samsung A12 ke LTE Only

2 Cara Kunci Jaringan 4G Samsung A12 ke LTE Only

Saat ini, hampir semua aktivitas kita di Smartphone menggunakan akses internet. Untuk itu perlu jaringan dan smartphone yang mendukung teknologi 4G seperti Samsung A12.

Samsung Galaxy A12 punya performa tinggi yang ditopang oleh daya baterai 5000 mAh yang bisa dipakai selama beberapa jam tanpa henti untuk mengakses internet.

Tak cukup sampai di situ, Samsung juga memberikan kualitas gambar sangat baik untuk ponsel di kelasnya. Pasalnya, perangkat ini dibekali layar lebar untuk menikmati konten streaming video.

Untuk dapur pacunya, ponsel ditenagai prosessor cukup tangguh dan RAM lumayan besar sehingga saat bermain game online cukup terasa nyaman.

Selain dilengkapi dengan jaringan LTE, jaringan lainnya seperti 2G dan 3G juga disediakan sehingga dapat mengakomodir Anda yang tinggal di lokasi belum terjangkau 4G. Makanya, ideal banget buat yang ingin menikmati internetan tanpa terputus-putus.

Cara Lock 4G di Hp Samsung Galaxy A12

Banyak manfaat menggunakan samrtphone yang support 4G yang bisa kita rasakan, seperti mendengarkan musik secara streaming lebih lancar, menonton video streaming lebih kencang, bermain video game tanpa lag dan tentunya download sebuah file menjadi lebih singkat.

Semua kelebihan itu tidak akan kita rasakan apabila masih menggunakan jaringan 3G apalagi 2G. Pasalnya kecepatan jaringan 4G 10 kali lipat lebih cepat daripada 3G. Kita tidak perlu lagi ragu dalam menonton video streaming dengan kualitas HD tanpa buffering.

Jangkauan sinyal 4G merupakan salah satu faktor yang menentukan cepat tidaknya akses internet di smartphone kita. Oleh sebab itu, banyak pengguna yang berusaha mencari cara mengunci jaringan 4G di Hp Samsung A12 mereka.

Mode Jaringan

Fitur Mode Jaringan memungkinkan kita untuk memilih jaringan yang disukai. Anda dapat memilih 4G agar sistem memprioritaskan untuk selalu terhubung dengan jaringan 4G.

Pertama, buka menu Settings kemudian pilih Connections. Selanjutnya Anda pilih Mobile Networks.

Network Mode Samsung A12

Berikutnya tap pada opsi Network Mode. Kemudian pilih yang 4G/3G/2G (Auto Connect).

Cara ini tidak permanen, silahkan gunakan aplikasi Force LTE Only agar terkunci secara permanen.

Force LTE Only

Force 4G LTE Samsung A12
Jika Anda ingin selalu terhubung dengan jaringan 4G tanpa khawatir berpindah lagi, Anda harus menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama Force LTE Only (4G/5G).

Berikut ini cara force LTE Only Samsung A12:

  1. Pastikan Anda sudah install aplikasi Force LTE Only (4G/5G) terbaru dari Google Play Store.
  2. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi tersebut lalu akan muncul beberapa metode penguncian jaringan.
  3. Pilih Method2 jika Galaxy A12 Anda sudah menggunakan Android 11 sedangkan yang masih menggunakan Android 10 pilih Method1.
  4. Selanjutnya scroll ke bawah sampai menemukan opsi Set Preferred Network Type lalu pilih LTE Only.

Catatan: Jika suatu saat ingin mengembalikan pengaturannya, nanti Anda pilih LTE/UMTS auto.

Sekarang jaringan 4G di Samsung A12 sudah terkunci, Anda bisa merasakan kecepatan dan kestabilan saat mengakses internet melalui ponsel.

Penutup

Dibalik kelebihannya pasti ada kekurangannya, Anda tidak akan bisa menelpon atau terima telepon terkecuali Samsung A12 ini sudah didukung oleh layanan VoLTE dari operator yang Anda gunakan. Untuk itu coba aktifkan fitur VoLTE terlebih dahulu, jika tidak bisa aktif berarti layanan VoLTE operator Anda belum mendukung Hp Samsung A12.

Salah satu kekurangan kunci 4G dapat menyebabkan ponsel cepat panas dan beterai lebih boros, karena sistem akan selalu memaksimalkan jaringan 4G.

Itu dia beberapa cara mudah untuk lock jaringan 4G di ponsel Samsung Galaxy A12. Hampir semua ponsel Samsung Dengan One UI terbaru bisa menggunakan cara di atas. Simak juga berbagai informasi menarik selanjutnya seperti cara menghapus cache Samsung pada artikel sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *