Menu Close

Cara Reset HP Poco M5 Kembali Semula Seperti Baru Lagi

Cara Reset HP Poco M5 Kembali Semula Seperti Baru Lagi

Poco M5 dalam hal tampilan, kamera, dan performa, cukup memuaskan bagi saya. Sedikit disayangkan, akhir-akhir ini ponsel terasa lambat dan memaksa saya untuk melakukan reset ulang ke pengaturan pabrik.

Di atas kertas, kita tidak perlu mempertanyakan kinerjanya karena sangat cepat dan lancar. Membuka aplikasi, beralih antar aplikasi, semuanya lancar dan dengan MIUI 13 yang baru. Kinerjanya bahkan lebih efisien dengan sistem Android 12.

Selain itu, Poco M5 menggunakan baterai 5000 mAh dan berbicara tentang pengisian daya, ponsel ini menggunakan fast charging 18W dan membutuhkan waktu lebih dari 1 setengah jam untuk mengisi daya dari 0 hingga 100.

Poco M5 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2022 yang dibekali chipset Helio G99 dengani RAM 4GB dan penyimpanan 64Gb. Bisa dibilang, performanya sudah cukup tangguh. Namun, ada faktor tertentu yang bisa menyebabkan kinerjanya tidak sebaik pada saat masih baru.

Biasanya untuk mengembalikan performa perangkat seperti semula, hal pertama yang dilakukan adalah dengan mengatur ulang ke setelan pabrik. Buat kalian yang belum tahu cara reset Poco M5, dapat mengikuti tutorial di postingan ini.

Cara Melakukan Reset Pabrik di Hp Poco M5

Seiring waktu, ponsel Poco kalian mungkin menumpuk banyak file sementara, cache, dan sampah lainnya yang dapat memperlambat kinerjanya. Factory reset dapat membantu menghilangkan file-file ini dan membuat ponsel seperti baru lagi.

Jika Hp Poco M5 mengalami masalah setelah pembaruan perangkat lunak, reset pabrik terkadang dapat membantu menyelesaikan masalah. Pasalnya pengaturan ulang dapat membantu menghilangkan konflik atau masalah kompatibilitas yang mungkin muncul selama proses pembaruan.

Perlu dicatat, melakukan reset akan menghapus semua data di ponsel Xiaomi Anda, jadi penting untuk mencadangkan semua file atau informasi penting sebelum melanjutkan.

Factory Reset Poco M5

Factory Reset Poco M5

Jika ingin menjual atau memberikan Hp Poco M5 ke orang lain, Anda mungkin ingin melakukan reset terlebih dahulu untuk memastikan semua data pribadi terhapus dari perangkat. Ini dapat mencakup kontak, pesan, foto, dan informasi sensitif lainnya.

Berikut ini langkah-langkah factory reset Poco M5:

  1. Pertama-tama silahkan buka aplikasi Settings MIUI 13.
  2. Lalu gulir dan pilih About Phone.
  3. Setelah itu, temukan dan tap opsi Factory Reset.
  4. Pada bagian bawah, tap tombol Erase all data.
  5. Nanti akan muncul pilihan apakah mau melakukan Factory reset atau Backup data.
  6. Silahkan kalian tap Factory reset.
  7. Selanjutnya, konfirmasi dengan klik Next dan terakhir tap OK.
  8. Proses reset akan dimulai dan tunggu sampai selesai.

Catatan: Sebelum melakukannya sebaiknya backup dan pastikan akun Google dan Akun Mi masih kalian ingat passwordnya. Atau lebih baik hapus dulu kedua akun tersebut, baru setelah itu melakukan reset.

Reset Poco M5 Via Mi Cloud

Reset Poco M5 Melalui Mi Cloud

Selain itu, kita juga dapat melakukan reset melalui layanan Xiaomi Mi Cloud. Syarat untuk melakukan reset lewat mi cloud, pastikan masih ingat akun Mi yang terdaftar di ponsel Anda dan juga Poco Anda masih hidup dan terhubung dengan akses internet.

  1. Langkah pertama, login dengan akun Mi Anda di https://i.mi.com/.
  2. Setelah itu, klik Cari Perangkat.
  3. Lalu pilih perangkat yang ingin direset.
  4. Kemudian klik Hapus Data.
  5. Sekali lagi, klik tombol Hapus untuk konfirmasi ingin melakukan reset.

Hard Reset Poco M5

Hard Reset Poco M5

Jika ponsel Xiaomi Anda mengalami masalah restart yang terus-menerus, atau mentok di logo Poco, hard reset lewat mode recovery perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Metode ini digunakan terutama ketika masalah tetap ada setelah mencoba melakukan kedua cara reset seperti di atas.

Silahkan simak panduan lengkap cara hard reset Poco M5 di bawah ini:

  1. Matikan handphone Poco M5 Anda terlebih dahulu.
  2. Dan setelah itu, tekan bersamaan tombol Volume atas dan Daya.
  3. Jika sudah berasa bergetar dan muncul logo Poco, langsung dilepaskan.
  4. Setelah masuk Mi Recovery, arahkan ke opsi Wipe Data. Gunakan tombol volume untuk mengaksesnya lalu pencet power untuk masuk ke menu berikut.
  5. Sekarang pilih Wipe All Data lalu klik Confirm.
  6. Setelah di layar muncul Data Wipe Successfully, pilih tombol Back to main menu.
  7. Lalu pilih Reboot dan terakhir Reboot System.

Catatan: Pastikan masih ingat dengan akun Google dan Akun Mi sebelum melakukan hard reset.

Alasan Mengapa Perlu Melakukan Reset Ulang?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin memilih untuk melakukan pengaturan ulang pabrik pada ponsel Xiaomi mereka. Umumnya orang melakukan reset ke pengaturan pabrik karena masalah performa yang semakin menurun dan aplikasi sering hang atau lemot saat dijalankan.

Selain itu juga, biasanya reset dilakukan saat kita ingin menjual atau memberikan perangkat ke orang lain agar data-data pribadi kita yang tersimpan tidak bisa mereka akses.

Biasanya juga, setelah melakukan update software terjadi konflik atau masalah kompatibilitas yang mungkin muncul selama proses pembaruan.

Demikianlah cara reset Poco M5 ke pengaturan pabrik yang mudah dilakukan. Silahkan pilih salah satu dari ketiga metode di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *