Menu Close

Cara Mengaktifkan Mode Aman Hp Vivo

Cara Masuk Mode Aman Hp Vivo

Cara termudah untuk mendeteksi masalah pada perangkat Android adalah dengan menggunakan safe mode, yang untuk sementara waktu menonaktifkan pengoperasian aplikasi pihak ketiga.

Ketika menjalankan fungsi safe mode, sistem operasi diluncurkan dalam mode diagnostik dan umumnya digunakan untuk memecahkan masalah sistem yang hang, gagal booting, atau tidak stabil setelah menginstal pembaruan, driver perangkat, atau software baru.

Di sinilah mode aman berperan; ini adalah pendekatan cepat dan sederhana untuk mendiagnosis dengan tepat apa yang salah dengan ponsel Android Anda.

Jika kecepatan perangkat Anda meningkat secara signifikan setelah masuk ke mode aman, program pihak ketiga mungkin menjadi penyebabnya. Penting untuk dicatat bahwa, sebelum memulai perangkat ke safe mode, Anda mungkin ingin online untuk melihat apakah ada orang lain yang mengalami masalah yang sama seperti Anda. Contohnya adalah bug Android System WebView baru-baru ini, yang menyebabkan aplikasi crash.

Apa Itu Safe Mode atau Mode Aman?

Safe Mode atau Mode Aman adalah salah satu opsi yang ada di perangkat seperti PC atau smartphone yang mana hanya menjalankan fungsi-fungsi dasar pada perangkat tersebut. Semua pengaturan yang telah kita atur maupun aplikasi yang sudah kita install akan nonaktif.

Jika ponsel Anda tiba-tiba mati saat menjalankan aplikasi ataupun menjadi lebih lambat saat proses berbagi file ataupun masalah lainnya. Sebelum melakukan reset, ada baiknya untuk mencoba masuk ke safe mode untuk mendeteksi persoalan pada ponsel Anda.

Hampir semua perangkat yang berbasis sistem operasi seperti Windows, iOS, MacOS, Android memiliki fungsi Safe Mode dan mereka memiliki cara tersendiri untuk masuk maupun keluar dari safe mode.

Cara Masuk Safe Mode di Hp Vivo

Cara Masuk Safe Mode di Vivo
Kalau di Windows ini bernama Safe boot, sedangkan di Android biasa kita sebut dengan Safe mode. Nah, pada kesempatan kalia ini kami akan membahas bagaimana cara masuk dan menonaktifkan Safe Mode.

  1. Langkah pertama tekan dan tahan tombol Power lalu pilih Restart atau Mulai Ulang.
  2. Setelah Hp Vivo menyala dan saat logo Android muncul di layar, secepatnya tekan dan tahan tombol Volume Turun hingga ponsel restart.
  3. Setelah itu, ponsel Vivo akan masuk ke safe mode. Nanti di bagian bawah layar akan muncul tulisan Safe Mode.

Menonaktifkan Safe Mode di Vivo

Sebaiknya nonaktifkan kembali Safe Mode setelah selesai mendiagnosa problem pada Hp Anda.

Untuk mematikan safe mode pada ponsel Vivo, cukup restart atau reboot. Setelah smartphone restart, fungsi safe mode akan dinonaktifkan dan Vivo kamu akan berjalan ke kondisi normal lagi.

Cara Menggunakan Safe Mode

Cara Safe Mode Hp Vivo
Saat dalam mode aman, Anda dapat menggunakan fitur dasar ponsel dan menghapus aplikasi yang bermasalah. Jika masalah menghilang setelah ponsel berada dalam mode aman, Anda dapat mengatur ulang perangkat ke pengaturan pabrik dan menginstal aplikasi dan game secara selektif.

Namun Anda perlu terus memantau masalah yang mungkin muncul pada setiap instalasi, atau menghapus aplikasi satu per satu dan mengujinya dalam mode normal lagi untuk mencoba dan mengidentifikasi aplikasi yang bermasalah.

Jika smartphone terus mengalami crash, overheating, atau berfungsi tidak normal dalam safe mode, masalahnya bisa jadi bukan pada aplikasi yang diinstall, melainkan pada sistem operasi atau perangkat keras ponsel. Untuk itu, Anda perlu mencoba melakukan reset ulang.

Apabila reset pabrik tidak membantu, hubungi customer service Vivo untuk melihat apakah perangkat seluler Anda dapat diganti atau diperbaiki.

Demikianlah langkah-langkah untuk masuk dan mematikan safe mode di Vivo. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti panduan lain tentang cara masuk ke opsi pengembang Vivo yang telah kami bahas sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *