Menu Close

Cara Reset Samsung A21s Lewat Setelan dan Recovery

Cara Reset Samsung A21s Lewat Setelan dan Recovery

Melakukan reset ke pengaturan pabrik pada HP Samsung A21s dapat memperbaiki masalah seperti hang, lag, penyimpanan penuh, lupa pola, dan bootloop. Ada dua metode reset yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Samsung Galaxy A21s dirilis dengan layar berukuran 6,5 inci yang dipasangkan dengan panel PLS IPS dengan desain kekinian. Resolusi HD + 720 x 1600 piksel cukup bagus dan jernih. Ponsel ini dilengkapi dengan 4 sensor kamera. Sedangkan kamera depan, Samsung menyematkan kamera beresolusi 13 MP dengan aperture f / 2.2 yang didukung lampu flash.

Agar lebih andal, Samsung membekali prosesor Exynos 850 yang berkolaborasi dengan pilihan RAM 2GB / 3GB sedangkan untuk pengolah grafis Mali-G52. Kapasitas penyimpanan internal ponsel ini sendiri adalah 32GB. Jika Anda suka mengoleksi video atau file multimedia lainnya, mungkin memorinya kurang. Jangan pesimis dulu, karena terdapat slot kartu microSD hingga 256GB.

Dari spesifikasinya bisa dibilang cukup bisa diandalkan, namun bukan berarti tidak akan mengalami masalah seperti hang, memory penuh, terkena virus ataupun error pada sistem operasi. Reset adalah cara termudah agar Samsung Galaxy A21s milikmu kembali ke kondisi semula.

Buat yang penasaran bagaimana cara paling mudah melakukan reset di HP Samsung A21s ke pengaturan pabrik, dapat mengikuti panduan di bawah ini.

4 Cara Reset Samsung Galaxy A21s Tanpa PC

Untuk mereset Samsung A21s sebenarnya ada beberapa cara, tapi disini saya share tanpa menggunakan PC. Ada 2 metode umum yang dapat Anda gunakan pertama melalui recovery mode yang dikenal sebagai Hard Reset dan Factory reset melalui menu pengaturan.

Kedua metode reset ini bisa diterapkan di semua varian Samsung A21 dan Samsung A21s baik itu OneUI 2.0 ataupun OneUI 3.0. Untuk itu bagi anda yang penasaran dengan cara reset Samsung Galaxy A21s bisa melihat tutorialnya sebagai berikut.

Restart Samsung A21s

Dengan restart dapat membantu membebaskan RAM dan membersihkan cache yang mungkin digunakan oleh aplikasi dan proses yang sedang berjalan. Jadi, jika HP Samsung A21s kamu hanya mengalami lemot, cukup lakukan restart saja sehingga dapat meningkatkan kinerja dan kecepatan respons.

Untuk cara restart HP Samsung A21s, simak panduan di bawah ini:

  1. Tekan dan tahan tombol Power yang terletak di bagian samping.
  2. Setelah itu, di layar Galaxy A21s Anda akan muncul beberapa pilihan.
  3. Silahkan kamu pilih “Restart” atau “Mulai Ulang”.

Hard Reset Samsung A21s via Recovery

Cara Hard Reset Samsung A21s via Recovery
Hard Reset adalah metode reset menggunakan recovery, yang dapat Anda lakukan jika mengalami masalah serius, seperti mentok logo Samsung hang atau lupa kunci pola atau sandi.

  1. Matikan ponsel Samsung Anda terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Volume Atas dan Power bersama selama beberapa detik.
  3. Lepaskan tombol setelah logo Samsung muncul di layar.
  4. Nanti akan masuk ke Android Recovery.
  5. Pilih opsi Wipe data.
  6. Klik Yes dengan menggunakan tombol Power untuk konfirmasi.
  7. Setelah selesai, pilih Reboot System Now.
  8. Hp Galaxy A21s milikmu akan restart.

Reset Dari Jarak Jauh

Cara Reset Jarak Jauh via Samsung Find My Mobile
Metode lain yang cukup ampuh untuk melakukan reset adalah lewat layanan Samsung Find My Mobile. Dimana Anda bisa mereset ponsel milikmu dari jarak jauh tentunya dengan koneksi internet dan menggunakan akun Samsung untuk menggunakan layanan ini.

  1. Buka Browser PC atau HP lain.
  2. Masuk ke halaman ini https://findmymobile.samsung.com.
  3. Login dengan menggunakan akun Samsung.
  4. Pilih HP Samsung A21s.
  5. Setelah itu klik menu Lock My Screen.
  6. Kemudian tap tombol Unlock.
  7. Kamu akan diminta memasukan password Samsung lagi.

Factory Reset Samsung A21s Melalui Pengaturan

Cara Factory Reset Samsung A21s Melalui Pengaturan
Factory Reset lebih ditujukan untuk masalah kecil seperti penyimpanan penuh, aplikasi tertutup sendiri, terkena virus, atau membersihkan data untuk dijual kembali. Metode reset ini melalui menu pengaturan.

  1. Buka Settings yang ada di Samsung A21s.
  2. Pilih General management.
  3. Ketuk Reset option.
  4. Tap Factory data reset.
  5. Terakhir, tap tombol Reset yang ada dibawah.

Akhir Kata

Itulah dia 2 cara reset ponsel Samsung Galaxy A21s OneUI 2.0 berbasis Android 10 dengan mudah, cepat, dan aman. Semoga dengan adanya panduan ini bisa membantu untuk dapat mengatasi beberapa masalah tanpa harus ke service center.

Bagikan panduan ini ke teman-teman Anda agar mereka bisa mengatasi sendiri masalah yang dialami dengan mudah seperti mengatasi menghilangkan virus, melegakan penyimpanan, membersihkan cache serta file sampah, mengatasi stuck di logo dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *