Menu Close

Cara Registrasi dan Mengaktifkan APN VoLTE Telkomsel

Cara Registrasi dan Mengaktifkan APN VoLTE Telkomsel

Untuk dapat menikmati seluruh rangkaian layanan yang ditawarkan oleh Telkomsel, seperti teknologi VoLTE (Voice Over LTE), pengguna kartu SIM baru maupun lama harus melakukan proses registrasi terlebih dahulu.

Telkomsel, sebagai operator terkemuka di Indonesia, telah menjadi yang terdepan dalam inovasi, dengan memperkenalkan berbagai program layanan berbasis data yang mutakhir dalam beberapa tahun terakhir.

Telkomsel sebagai pemimpin di industri seluler, mengimplementasikan teknologi seluler generasi terkini, memperkuat broadband dan akses internet, Voice Over LTE (VoLTE), serta akselerasi layanan digital lewat ekosistem DNA (Device-Network-Application).

Untuk bisa menikmati berbagai macam layanan dari Telkomsel, Anda perlu memiliki kartu upgrade kartu lama Anda atau gunakan kartu SIM terbaru. Selain itu, Anda perlu melakukan registrasi sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Registrasi Kartu Telkomsel
Cara registrasi ulang kartu SIM Telkomsel bisa dilakukan melalui SMS, via Website, dan melalui gerai operator. Untuk proses registrasi pelanggan baik itu kartun lama maupun baru hanya perlu menyiapkan data NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor KK (Kartu Keluarga) yang valid.

Telkomsel akan memberikan bonus bagi pelanggan yang telah berhasil melakukan registrasi ulang berupa paket data 10 GB, 75 SMS gratis semua operator dan 150 menit telepon hanya dengan Rp.10.

Reward ini berlaku selama tiga hari dan secara otomatis akan muncul SMS mendapatkan bonus bagi pelanggan yang telah berhasil registrasi dan berlangganan lebih dari 3 bulan.

via SMS

Cara pertama yakni registrasi kartu prabayar Telkomsel melalui SMS ke 4444. Untuk cara ini ada perbedaan cara registrasi kartu prabayar Telkomsel lama dan perdana atau baru.

Salah satu cara untuk melakukan registrasi kartu prabayar Telkomsel adalah dengan mengirimkan SMS ke 4444. Cara ini mungkin memiliki beberapa perbedaan dalam proses registrasi untuk kartu lama Telkomsel dibandingkan dengan kartu baru.

Untuk kartu baru, cukup kirimkan informasi yang diperlukan melalui SMS: ULANG (spasi) NIK#Nomor KK# kirim ke 4444.

ULANG 1234567890123456#3201150869322862#

Sedangkan untuk kartu lama formatnya sebagai berikut: REG (spasi) NIK#Nomor KK# lalu kirim ke 4444.

REG 1234567890123456#3201150869322862#

Jika mengalami kartu dinyatakan tidak valid, coba cek kembali format SMS mungkin ada kesalahan memasukan NIK atau KK. Untuk itu pastikan semua data yang dimasukan valid sesuai dengan data diri kalian.

Via Website

Selain melakukan registrasi lewat SMS, Telkomsel menyediakan halaman khusus buat pengguna yang ingin melakukan pendaftaran kartu lama. Pada halaman daftar ulang ini, Anda akan dimintai informasi berupa nomor Telkomsel, NIK, dan NKK.

  1. Buka halaman Telkomsel https://www.telkomsel.com/daftar-ulang-prepaid.
  2. Masukan nomor telepon yang ingin diregistrasi.
  3. Isi nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan).
  4. Isi nomor KK (Kartu Keluarga).
  5. Isi Ketik password yang dikirim operator lewat SMS setelah klik Dapatkan Password.
  6. Selanjutnya klik tombol Kirim.

Pengguna Telkomsel dapat menghubungi call center jika membutuhkan bantuan, informasi, dan pertanyaan lebih lanjut terkait prosedur registrasi ulang kartu SIM.

Cara Setting APN Telkonmsel

Cara Setting APN Telkomsel
Agar kartu Telkomsel Anda bisa digunakan internet, Anda perlu membuat APN terlebih dahulu. Jika ponsel Anda sudah dilengkapi dengan APN, Anda bisa melewatkan opsi ini.

APN atau Access Point Name adalah sebuah penghubung antara koneksi internet operator dengan perangkat seluler. APN ini sangat penting, tanpa ini Anda tidak akan bisa menggunakan internet dari telkomsel.

Selain itu juga, banyak pengguna yang mengganti pengaturan APN ini agar internet makin cepat bahkan terkadang bisa gratis.

  1. Buka menu Pengaturan ponsel Anda kemudian pilih jaringan dan Internet.
  2. Setelah itu pilih jaringan selular.
  3. Kemudian pilih Nama Titik Akses.
  4. Klik gambar “+” yang ada di bagian atas.
  5. Setelah itu muncul menu untuk membuat APN baru.
  6. Selanjutnya isi konfigurasi APN seperti dibawah ini.
    Nama: Telkomsel4G
    APN: internet
    Nama Pengguna: wap
    Sandi: wap123
  7. Untuk yang lainya biarkan kosong. Setelah itu jangan lupa klik Simpan.
  8. Kalau sudah, silahkan aktifkan APN tersebut.

Sekarang kalian sudah bisa terhubung dengan akses internet dari Telkomsel. Sekedar informasi, kamu bisa mengganti APN diatas dengan APN yang dapat menghemat kuota paket internet. Kalian bisa bergabung di grup Telegram internet gratisan untuk menemukan APN khusus tersebut.

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Volte Telkomsel
VoLTE adalah layanan panggilan suara berbasis 4G, teknologi terbaru ini membuat kualitas suara telepon menjadi HD. Kelebihan lain dari VoLTE ini adalah bisa mengakses layanan internet, bermain games online, streaming video, saat tersambung telepon suara.

Untuk menggunakan VoLTE, kartu SIM Telkomsel yang kalian miliki harus sudah registrasi dan support jaringan 4G LTE. Kalau kalian masih menggunakan kartu lama sebaiknya upgrade terlebih dahulu.

Selain itu juga, smartphone kalian harus mendukung teknologi ini, meskipun sudah 4G tapi tidak semua mendukung jaringan 4G frekuensi 2300Mhz. Dan juga sistem operasi minimal Android Marshamllow untuk menikmati layanan Volte.

Untuk saat ini layanan VoLTE dari Telkomsel hanya tersedia di beberapa kota besar saja. Sedangkan pengguna yang berada di luar wilayah tersebut kemungkinan besar masih menunggu beberapa bulan bahkan tahun untuk bisa menikmati layanan Volte dari Telkomsel ini.

Sedangkan untuk mengaktifkan layanan ini masuk ke Pengaturan dan pilih koneksi. Setelah itu pilih Jaringan Seluler dan aktifkan VoLTE Call atau Panggilan HD. Nanti akan muncul logo VoLTE disamping ikon sinyal.

Cara Cek Kuota Internet Telkomsel

Agar akses internet lancar, pastikan ketersediaan kuota dan isi kembali kuota jika sudah habis. Agar bisa memantau penggunaan kuota internet. Anda bisa mengecek jumlah kuota internet secara berkala.

  1. Buka aplikasi telepon kemudian ketik *888# lalu tekan call.
  2. Ketik angka 3 untuk cek kuota lalu klik kirim.
  3. Kemudian pilih angka 2 pada dialogue box lalu klik kirim.
  4. Anda akan mendapatkan informasi kuota internet operator Telkomsel melalui nomor operator 3636.

Cara Nonton Netflix Menggunakan Internet Telkomsel

Netflix adalah layanan streaming film yang paling populer, tapi sayang layanan ini belum tersedia secara resmi di Indonesia, sehingga beberapa provider telkomunikasi seperti Telkomsel memblokir layanan streaming digital tersebut.

Untuk mengakses Netflix via HP Android dengan kartu Telkomsel bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi pengatur DNS atau VPN.

  1. Cari aplikasi pengatur DNS bernama Intra di Google Playstore.
  2. Jalankan aplikasi Intra, geser toggle Off Exposed hingga bertuliskan On Protected.
  3. Nanti muncul permintaan Sambungan VPN. Klik OK untuk menyetujui akses VPN.
  4. Selanjutnya buka aplikasi Netflix dan pilih film yang ingin ditonton.

Untuk menggunakan layanan Netflix, Anda harus berlangganan dulu agar dapat streaming semua film. Dan juga, pastikan aplikasi Intra tetap berjalan saat mengakses Netflix.

Update: Untuk saat ini semua operator sudah mendukung Netflix.

Penutup

Untuk kesiapan era digital, Telkomsel akan terus meningkatkan layanan telekomunikasi dan saat ini telah menyiapkan tambahan kapasitas untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi, khususnya trafik layanan berbasis data dan digital, dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz yang dimilki Telkomsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *