Menu Close

Cara Menyambungkan HP Xiaomi Ke TV Dengan atau Tanpa Kabel

Cara Menyambungkan HP Xiaomi Ke TV Dengan atau Tanpa Kabel

Cara menampilkan HP Xiaomi ke TV pada dasatnya hampir sama dengan smartphone Android lainnya. Hanya ada beberapa pengaturan yang sedikit berbeda. Di sini HPRINO akan membagikan beberapa metode menghubungkan HP Redmi dan Poco ke TV baik itu dengan kabel ataupun tanpa kabel.

Menampilkan konten di HP ke TV adalah salah satu fitur nyaman yang sekarang dimungkinkan berkat jaringan Wi-Fi, dan kita dapat dengan mudah mentransfer dan memutar video, foto, dan lagu dari smartphone ke TV dalam layar yang lebih besar.

Jika Anda memiliki ponsel Xiaomi dan ingin menyambungkannya ke TV secara tanpa kabel, ada beberapa metode yang dapat digunakan. Kalian perlu mengatur modem Wi-Fi rumah sehingga ada jaringan untuk membangun komunikasi antara dua perangkat atau lebih.

Jika sudah, silahkan mengikuti proses menghubungkan HP Redmi dan Poco ke TV menggunakan fitur yang dikenal sebagai Screen Mirroring, Cast dan Kabel.

Menghubungkan HP Xiaomi ke TV dengan Miracast

Fitur Miracast tersedia di banyak smart TV dengan bantuan teknologi Wi-Fi Direct, dan sebagian besar HP Redmi dan Poco sudah mendukung fitur ini. Dengan Miracast memungkinkan koneksi antara Xiaomi dan TV tanpa memerlukan modem dan jaringan Wi-Fi.

Fungsi Miracast mendukung transmisi konten video dengan kualitas maksimum 4K. Jika kamu sudah merekam video dengan smartphone terbaik untuk syuting, dengan bantuan fitur ini, kamu bisa melihatnya di layar TV yang besar.

Bergantung pada pabrikan TV, mungkin untuk mengaktifkan Miracast di TV kalian sedikit berbeda. Namun, biasanya prosesnya dilakukan sesuai dengan langkah-langkah berikut.

Tekan tombol Home pada remote control untuk masuk ke layar utama TV. Sekarang, cari program yang disebut Miracast. Di Samsung TV, biasanya disebut Screen Mirroring atau AllShare, dan di LG TV, ini disebut Screen Share atau Intel WiDi.

Setelah itu, masuk ke Pengaturan HP Xiaomi. Lalu gulir ke bawah dan tap opsi “Koneksi dan Berbagi. Jika menggunakan menu bahasa Inggris, opsi ini disebut Connections & Sharing.

Connections and Sharing

Kemudian, klik Cast lalu tap tombol untuk mengaktifkannya. Sebuah jendela kecil akan segera terbuka yang menunjukkan proses pencarian.

Opsi Cast Xiaomi

Tunggu hingga proses selesai dan nama TV kamu akan muncul di hasil pencarian. Sekarang HP Xiaomi kamu sudah ditampilkan di layar TV.

Menghubungkan HP Ke TV

Kamu bisa menonton ataupun melakukan hal yang lainnya. Kamu juga dapat mengontrol pemutaran konten dari ponsel dan bahkan menentukan jenis tampilan. Beberapa HP Xiaomi sudah mendukung memutar konten dalam mode Miracast dengan layar mati untuk menghemat baterai ponsel.

Untuk memutuskan koneksi HP Xiaomi dan TV, ketuk tombol manajemen Cast yang mengambang di layar HP dan putuskan sambungan sesuai dengan kebutuhan kalian. Dalam menu ini, Anda juga dapat mengubah ukuran tampilan konten dan menampilkan konten saat layar ponsel mati

Menyambungkan HP Xiaomi ke TV dengan Screen Mirroring

Dalam menghubungkan HP Xiaomi ke TV, tidak perlu memperhatikan merek TV , dan hanya tampilan atau nama opsi di pengaturan yang mungkin berbeda, dan kami akan menunjukkan detailnya sebanyak mungkin.

  1. Langkah pertama, swipe layar dari atas ke bawah, nanti akan muncul panel pengaturan cepat, lalu aktifkan fitur “Cast“.
  2. Jika baru pertama kali mengaktifkan Screen Mirroring di ponsel, akan muncul pesan yang meminta izin Anda. Klik tombol “Settings” untuk masuk ke pengaturan aplikasi Screen Mirroring. Kemudian, ketuk opsi Izin Aplikasi.
  3. Langkah selanjutnya, aktifkan izin lokasi untuk memungkinkan pencarian perangkat terdekat. Ketuk “Location” untuk masuk ke pengaturannya dan atur izinnya menjadi “Always Allowed”.
  4. Sekarang, buka aplikasi yang memiliki fungsi Screen Mirror, seperti YouTube, ketuk ikon Screen Mirror saat memutar video.
  5. Sebuah jendela akan terbuka yang menunjukkan hasil pencarian untuk menemukan perangkat aktif di dekatnya, tunggu hingga kamu melihat nama TV dalam daftar dan ketuk TV tersebut.

Menghubungkan HP Xiaomi ke TV dengan Kabel

Smart TV saat ini dilengkapi dengan port HDMI, dan kecil kemungkinannya Anda akan menemukan model di antara TV terbaik di pasaran yang tidak memiliki koneksi ini. Dengan mengandalkan port HDMI, dimungkinkan untuk menyambungkan antara ponsel dan TV dengan dua cara berbeda.

Menggunakan Converter Usb Type C To Hdmi

Untuk menghubungkan handphone ke TV, silakan gunakan kabel. Apa pun merek perangkatnya, kabel HDMI dan Converter Usb Type C To Hdmi diperlukan untuk koneksi.

Biasanya, koneksi jenis ini mendukung transmisi gambar dengan resolusi 2160 x 3840, dan sinyal audio juga ditransmisikan sehingga ponsel hanya berperan sebagai pemutar dan outputnya ditangani oleh TV.

Menggunakan MHL

Metode kedua adalah menyambungkan ponsel dengan kabel ke TV menggunakan teknologi MHL. Jadi, jika HP Xiaomi kamu tidak memiliki port USB Type-C, kamu masih bisa menggunakan teknologi MHL yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009.

Keuntungan menggunakan MHL daripada standar Type-C adalah bahwa kabel MHL juga memberikan kemungkinan untuk mentransmisikan gambar dengan resolusi 8K; Tentu saja, jika kualitas kabel tinggi dan kedua perangkat mendukung konten 8K.

Teknologi MHL mungkin tidak didukung pada semua ponsel dan TV; Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa spesifikasi teknis ponsel melalui situs web atau buklet di dalam kotak. Selain itu, periksa apakah kata MHL tertulis pada port TV atau tidak.

Demikianlah beberapa cara menyambungkan HP Xiaomi, Redmi dan Poco ke TV dengan Wifi ataupun tanpa kabel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *