Menu Close

Cara Masuk Safe Mode Realme dan Menghilangkannya

Cara Masuk Safe Mode Realme

Safe Mode atau Mode Aman di HP Realme dapat membantu kita mengatasi masalah dengan hanya menjalankan aplikasi dan layanan sistem penting, dan menonaktifkan aplikasi pihak ketiga. Fitur Ini bermanfaat untuk menemukan penyebab masalah dan meningkatkan kinerja perangkat.

Safe Mode adalah fitur yang berguna dalam memperbaiki masalah pada perangkat Android seperti HP Realme. Dengan mengaktifkan mode aman, kita bisa dengan mudah menemukan akar penyebab masalah, baik itu dari aplikasi pihak ketiga maupun masalah hardware.

Dengan masuk ke safe mode, pengguna dapat menghapus aplikasi bermasalah yang mungkin terinfeksi virus atau malware. Selain itu, mode aman juga berguna dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan konektivitas internet.

Dengan cara ini juga, kinerja perangkat dapat ditingkatkan karena hanya aplikasi yang terinstal di sistem yang berjalan, menghasilkan daya tahan baterai yang lebih baik dan kinerja yang lebih cepat.

Untuk informasi lebih detail tentang cara mengaktifkan mode aman di HP Realme dapat mengikuti panduan di bawah ini:

Apa itu Safe Mode Realme?

Safe Mode adalah mode operasi khusus yang memungkinkan pengguna untuk mengatasai masalah di smartphone Realme. Mode ini sama dengan Mode Aman Android pada umumnya, di mana hanya aplikasi bawaan sistem yang diaktifkan dan aplikasi pihak ketiga dinonaktifkan.

Dalam Mode Aman Realme, kamu bisa menguji apakah masalah yang muncul di ponselmu disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga atau tidak. Dengan hanya mengaktifkan aplikasi bawaan sistem, kamu bisa melihat apakah masalah yang kamu alami (seperti crash atau lag) terus muncul atau tidak. Jika masalah hilang saat berada dalam mode aman, maka kemungkinan besar masalah tersebut disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga di HP Realme.

Kegunaan Safe Mode Realme

Safe mode di Android memiliki beberapa kegunaan yang jarang orang tahu, berikut ini beberapa manfaat dari Mode Aman atau Safe Mode.

Mengidentifikasi masalah

Saat ponsel masuk ke Mode Aman, hanya aplikasi bawaan sistem yang diaktifkan dan aplikasi pihak ketiga tidak berjalan. Sehingga akan memudahkan kita mengidentifikasi apakah masalah yang dialami Hp Realme kita disebabkan oleh aplikasi yang terinstall atau oleh masalah hardware.

Memperbaiki masalah

Jika masalah di HP Android disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga, maka masalah tersebut dapat diperbaiki dengan masuk ke safe mode dan menghapus aplikasi yang menyebabkan masalah.

Mematikan virus atau malware

Dalam safe mode, aplikasi yang tidak diinginkan atau tidak dikenal dapat dimatikan atau dihapus, sehingga virus atau malware dapat dihilangkan dari Hp.

Mengatasi koneksi Wi-Fi atau data tidak terhubung

Dalam beberapa kasus, masalah pada koneksi internet di perangkat Android dapat diatasi dengan mengaktifkan safe mode.

Meningkatkan performa perangkat

Dalam safe mode, hanya aplikasi bawaan sistem yang diaktifkan, sehingga dapat menghemat daya baterai dan mempercepat kinerja perangkat.

Nah, untuk mengetahui cara mengaktifkan dan keluar dari Safe Mode realme, kalian dapat mengikuti panduan dari HpRino berikut.

Cara Masuk Safe Mode atau Mode Aman Realme

Cara Masuk Safe Mode

Untuk masuk ke Safe Mode Realme, tekan tombol power di Hp selama beberapa detik hingga muncul pilihan untuk mematikan atau hidupkan ulang perangkat, kemudian pilih hidupkan ulang lalu setelah muncul logo Realme, segera tekan dan tahan tombol Volume Down.

Berikut ini cara mengaktifkan Safe Mode di HP Realme:

  1. Matikan Hp Realme kalian.
  2. Kemudian hidupkan lagi.
  3. Nanti akan muncul logo Realme warna putih yang di bagian bawah layar tertulis Powered by Android.
  4. Setelah itu akan muncul logo animasi Realme warna kuning.
  5. Jika sudah muncul logo animasi tersebut tekan dan tahan tombol Volume Turun.
  6. Tahan terus tombol Volume Turun hingga Hp selesai melakukan booting.
  7. Setelah itu kamu akan melihat tulisan “Mode Aman” atau “Safe Mode” ditampilkan di sudut kiri bawah layar.

Setelah berhasil masuk ke Safe Mode Realme, kamu dapat mengatasi masalah apa pun yang mungkin di alami pada Hp kamu, seperti kerusakan aplikasi atau masalah kinerja. Karena hanya aplikasi sistem penting yang berjalan dalam Safe Mode, jika Hp berfungsi dengan baik dalam mode ini, hal ini mengindikasikan kalau aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah.

Cara Menghilangkan Mode Aman Realme

Untuk menghilangkan Mode Aman atau Safe Mode, cukup hidupkan ulang Hp Realme dengan menekan dan menahan tombol Power dan memilih Hidupkan Ulang atau Restart.

Ingatlah untuk menggunakan Safe Mode sebagai alat diagnostik dan bukan solusi permanen untuk masalah yang sedang berlangsung. Jika ada salah satu aplikasi penyebab masalah, sebaiknya segera uninstall aplikasi tersebut atau update aplikasinya agar smartphone kamu berfungsi normal.

Sekian dulu informasi tentang cara masuk dan keluar dari mode aman di Realme. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *