Menu Close

Cara Menambah RAM di Oppo A31 Bikin HP Makin Smooth

Cara Menambah RAM Oppo A31

Oppo A31 dilengkapi dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang mencari penyimpanan yang luas. Selain itu, ponsel ini menggunakan chipset Mediatek MT6765V/CB Helio P35 yang dioptimalkan untuk game dan pemutaran video berkualitas tinggi.

Selain itu, Oppo telah menyediakan slot memori untuk kartu microSD hingga 256 GB. Meskipun chipset Mediatek mungkin tidak sepopuler yang lain, Oppo A31 masih menawarkan kinerja cukup baik dan kapasitas penyimpanan yang cukup besar bagi pengguna.

Jika kamu merasa ponsel ini masih kurang handal dalam menjalankan multitasking atau bermain game yang berat. Sebaiknya menambah RAM agar performanya semakin meningkat.

Menambah RAM di Oppo A31 bisa kita lakukan dengan membuatkan RAM Virtual yang mengambil sebagian penyimpanan internal untuk dijadikan RAM tambahan. Nah, buat kalian yang belum tahu caranya simak tutorial di postingan ini.

Cara Menambah RAM Virtual di Oppo A31

Seperti kita ketahui, di smartphone Oppo terbaru telah dilengkapi fitur RAM Expansion yang berguna untuk membuat virtual RAM agar kinerja ponsel semakin meningkat dan membuat pengalaman pengguna menjadi lebih lancar.

Sayang sekali Oppo A31 tidak mendapatkan fitur ini karena fitur ini hanya tersedia di smartphone Oppo berbasis Android 12. Namun, kalian bisa membuat virtual RAM sendiri dengan bantuan aplikasi pihak ketiga dari Play Store.

Proses kerjanya sama saja dengan RAM Expansion, yang sama-sama mengambil sebagian ruang penyimpan ponsel untuk di jadikan RAM virtual. Berikut ini cara menambah RAM virtual di Oppo A31:

Buka Swap No Root

Langkah pertama, buka Google Play Store lalu cari dan install aplikasi yang bernama Swap No Root. Setelah itu, jalankan aplikasi tersebut dan izinkan akses yang diminta.

Isi Swap Size

Isi Swap Size

 

Setelah berada di halaman utama SWap No Root, kamu akan melihat kolom di samping Swap Size. Silahkan isi kapasitas virtual RAM yang kalian inginkan. Jika ingin menambah 2GB silahkan isi 2048 dan untuk 3GB isi 3072 atau 4096 untuk membuat virtual RAM menjadi 4GB.

Namun, pastikan penyimpanan internal di Hp Oppo A31 masih tersedia ruang yang cukup, usahakan setelah membuat RAM virtual, penyimpanan ponsel masih tersisa minimal 3GB agar efeknya terasa.

Tap Create Swap

Jika sudah mengisi jumlah RAM yang akan ditambahkan, silahkan ketuk tap tombol CREATE SWAP lalu ketuk Watch Ad to gain 1 energy. Nanti, akan muncul iklan selama beberapa detik tunggu sampai selesai. Jika ingin tanpa iklan kamu harus berlangganan terlebih dahulu.

Konfirmasi Membuat Virtual RAM

Konfirmasi Membuat Virtual RAM

Setelah itu, akan muncul popup untuk konfirmasi, silahkan ketuk Yes untuk membuat virtual RAM dari memori penyimpanan hp. Setelah terlihat notifikasi proses telah selesai, silahkan Restart Hp kalian terlebih dahulu untuk menerapkan perubahan.

Sekarang kamu bisa mengetesnya dengan menjalankan game yang sebelumnya terasa lemot, jika sudah lancar berarti virtual RAM bekerja dengan baik. Jika setelah beberapa hari kembali lemot, coba hapus swap RAM lalu buat lagi yang baru.

Kesimpulan Menggunakan Virtual RAM

Meskipun Virtual RAM dapat meningkatkan kinerja handphone, tetapi tidak selalu menjamin. Peningkatan kinerja tergantung banyak faktor seperti sisa penyimpanan internal, aplikasi yang berjalan di background, kualitas jaringan dan lain sebagainya.

Agar RAM tambahan ini berfungsi dengan baik, kalian juga harus memperhatikan sisa penyimpanan internal, jangan sampai tersisa hanya 1GB, minimal 3GB agar performa ponsel meningkat.

Demikianlah tutorial cara menambah RAM di Hp Oppo  A31 tanpa root. Semoga apa yang HpRino bagikan ini dapat bermanfaat. Apakah kalian punya metode lain yang lebih mudah? Silahkan bagikan pengalaman kalian tentang penggunaan virtual RAM ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *