Menu Close

Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo A57, Akses Internet Lebih Lancar

Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo A57

Oppo A57 adalah smartphone yang menawarkan berbagai fitur canggih, termasuk dukungan untuk berbagai jenis jaringan yang didukung oleh perangkat ini, termasuk 2G, 3G, dan 4G/LTE.

Seperti kita ketahui, jaringan 2G biasanya digunakan untuk panggilan suara dan pesan teks, jaringan 3G menawarkan transfer data yang lebih cepat dan pengalaman internet yang lebih baik.

Sedangkan, jaringan generasi terbaru, 4G/LTE, memberikan kecepatan data yang tinggi untuk aktivitas seperti streaming video dan game online.

Kalian dapat memaksimalkan pengalaman penggunaan akses internet di ponsel dengan mengunci jaringan 4G di smartphone Oppo A57.

Cara Setting Jaringan 4G di Handphone Oppo A57

Dengan pemahaman yang baik tentang bagaimana jaringan berfungsi di ponsel Oppo A57, kalian dapat memaksimalkan akses internet dari operator seluler seperti Telkomsel, XL, Smartfren, Indosat, Tri dan AXIS.

Dalam panduan ini, kami akan membahas berbagai cara mengunci jaringan di Oppo A57, termasuk pemilihan jaringan terbaik, force 4G only, dan tips untuk mengatasi masalah panggilan tidak berfungsi setelah jaringan 4G terkunci.

Memilih Jenis Jaringan 4G Auto

Memilih Jenis Jaringan 4G Auto

Kita dapat mengatur sendiri jenis jaringan yang kita sukai, kita bisa memilih jaringan 2G, 3G atau 4G. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan di Oppo A57.
  2. Kemudian gulir dan pilih opsi Jaringan Seluler.
  3. Setelah itu, pilih kartu SIM yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya tap opsi Jenis Jaringan yang Disukai.
  5. Kalian akan menemukan opsi untuk memilih mode jaringan (2G/3G/4G atau Otomatis). Pilih sesuai kebutuhan kalian.

Mengunci Jaringan 4G LTE

Mengunci Jaringan 4G LTE Oppo A57

Jika ingin selalu menggunakan jaringan 4G, meskipun berada di lokasi yang minim sinyal 4G, kamu bisa menguncinya dengan mengikuti panduan di bawah ini.

Untuk mengunci jaringan 4G Only, kita membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga, karena sejak Android 10 ke atas, kita tidak bisa lagi menggunakan kode jaringan.

  1. Silahkan cari dan Install aplikasi Force LTE Only (4G/5G) dari Play Store.
  2. Luncurkan aplikasi tersebut dan tap Next kemudian centang Accept Usage Policy.
  3. Setelah berada di halaman utama aplikasi, silahkan pilih Method2.
  4. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman Info Telepon.
  5. Pada bagian Setel Jenis Jaringan yang Disukai, pilih LTE Only.

Sekarang, kamu akan menikmati jaringan 4G tanpa khawatir beralih ke 3G. Jika ingin mengembalikan pengaturan jaringan seperti semula, pilih GSM/WCDMA/LTE (PRL).

Mengaktifkan fitur Volte (Voice Over LTE)

Seperti yang kalian ketahui, panggilan tidak bisa dilakukan jika kita mengunci jaringan 4G. Untuk mengatasi hal ini, kalian perlu mengaktifkan fitur Volte di Oppo A57, simak caranya berikut:

  1. Buka Pengaturan (Settings) di ponsel Oppo A57.
  2. Lalu tap opsi Jaringan Seluler (Mobile Network).
  3. Pilih Kartu SIM lalu aktifkan Panggilan Volte (Volte Calls).

Catatan: Pastikan operator seluler yang kamu gunakan sudah mendukung layanan Volte dan area sekitar kamu berada terjangkau jaringan Volte.

Mengatasi Masalah Koneksi Jaringan 4G

Jika mengalami masalah dengan koneksi jaringan di Oppo A57, berikut adalah beberapa langkah mengatasi masalah yang mungkin membantu:

Restart Ponsel

Kadang-kadang, masalah umum pada jaringan dapat diperbaiki dengan me-restart ponsel. Cukup matikan ponsel selama beberapa detik dan hidupkan kembali.

Periksa Kartu SIM

Pastikan kartu SIM sudah mendukung jaringan 4G dan terpasang dengan benar serta tidak rusak. Jika masih menggunakan kartu SIM model lama, segera upgrade ke kartu yang telah support 4G.

Periksa Area Sinyal

Jika berada di area dengan sinyal 4G yang sangat lemah, mungkin mengalami masalah koneksi. Pindah ke area dengan sinyal lebih kuat.

Perbarui Pembaruan Perangkat Lunak

Terkadang, pembaruan perangkat lunak baru memperbaiki masalah koneksi.

Reset Pengaturan Jaringan

Jika semua cara di atas gagal, silahkan mencoba reset pengaturan jaringan ke pengaturan awal.

Dengan memahami berbagai aspek jaringan di Oppo A57, kalian dapat memastikan bisa mengoptimalkan penggunaan ponsel, terutama dalam hal konektivitas seluler.

Demikianlah panduan tentang cara setting jaringan 4G di Oppo A57 agar mendapatkan akses internet yang lebih lancar dan stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *